EVALUASI PELAKSANAAN PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN SAKIT JANTUNG RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Dewa Ayu Putri Sukma Devi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
  • Reza Ismail Abdul Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
  • Lestari Nugrahini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng

DOI:

https://doi.org/10.59969/jfk.v3i1.72

Abstract

Upaya peningkatan kualitas hidup manusia di bidang kesehatan merupakan suatu usaha yang sangat luas dan menyeluruh, usaha tersebut antara lain meliputi peningkatan kesehatan masyarakat baik secara fisik maupun non fisik. Pemenuhan kebutuhan pasien akan obat dan informasi obat serta memberikan pelayanan yang memuaskan pada pasien rawat jalan adalah orientasi utama dalam pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien sakit jantung rawat jalan terhadap kualitas pelayanan informasi obat yang diberikan di Instalasi Farmasi RSUD Kabupaten Buleleng, sampel dalam penelitian ini berjumlah 107 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey. Data dianalisis secara kuantitatif yang didahului dengan pengujian instrument melalui uji valididtas dan reliabilitas dengan bantuan program SPSS Versi 26 dan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat pada instalasi farmasi RSUD Kabupaten Buleleng dengan menggunakan 5 dimensi untuk mengukur kepuasan pasien adalah dimensi fasilitas berwujud, dimensi kehandalan, dimensi daya tanggap, dimensi jaminan dan dimensi empati untuk nilai seluruh dimensi yang digunakan terdapat dimensi fasilitas berwujud, dimensi kehandalan dan dimensi empati masih dirasa belum memuaskan, sedangkan dimensi daya tanggap dan jaminan sudah memuaskan dalam pemberian layanan informasi obat.

References

Suharman,. E., Husein., I. 2011. Konsep Dasar Pelayanan Kefarmasian Berbasiskan Pharmaceutical Care, Widya Padjajaran, Bandung.

Nadila Inoshi, Y., Nugrahini, L., & Kurnia Abdillah, E. (2024). Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Buleleng Periode Januari-Maret 2023. Jurnal Farmasi Kryonaut, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.59969/jfk.v3i1.64

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Pedoman Pemantauan Terapi Obat. Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik.Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Depkes RI. Jakarta.

Rantucci, M.J., 2009, Komunikasi Apoteker-Pasien, EGC, Jakarta, 49, 51, 56, 57.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit DepKes RI. Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Tanggung Jawab Apoteker Terhadap Keselamatan Pasien (Patient Safety). Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik. Ditjen Bina kefarmasian dan Alat Kesehatan Depkes RI, Jakarta: hal 12- 14.

Mulyaningsih, K., 2010, Profil Drug Related Problems Pada Pasien Geriatrik Rawat Inap di Bangsal Bugenvil Unit Penyakit Dalam RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Periode September 2009 - Januari 2010, Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Syukri, A.E., Panda,L., Rotty, L.W. 2011. Profil Penyakit Jantung Koroner di IRINA F Jantung RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. [Skripsi]. Fakultas Kedokteran UNSRAT, Manado.

BPOM RI, 2000. Informatorium Obat Nasional Indonesia. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, Jakarta.

World Health Organization. 2012. World Health Statistics: Care Components. Health workforce, infrastructure and essential medicines, hal 122.

Timbongol, C. Widya, A.L., Sri, S. 2016. Identifikasi Kesalahan Pengobatan (Medication Error) pada Fase Peresepan (Prescribing) di Poli Interna RSUD Blitung. Pharmacon. 5(3) : 1-6.

Pohan, 2007. Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta.

Hermawati, Haris Candra Dewi. 2014. Penyakit Jantung Koroner. Kandasmedia (Imprint agromedia pustaka), Jakarta.

Pohan I.S. 2004, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan, Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Sastroasmoro, S dan Ismael, S. 2011. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Binarupa Aksara : Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta.

Natalia,dkk. (2017). Purposive Sampling. Matematika, Jurnal Pendidikan, 12(10), 25-32.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Afrizal. 2014. Metode Penelitia Kualitatif. Raja Grafindo Perkasa. Jakarta.

Downloads

Published

01/31/2024

How to Cite

Devi, D. A. P. S., Rahman, R. I. A., & Nugrahini, L. (2024). EVALUASI PELAKSANAAN PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN SAKIT JANTUNG RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BULELENG. JURNAL FARMASI KRYONAUT, 3(1), 101–109. https://doi.org/10.59969/jfk.v3i1.72